√ Cara Membuat Gulai Daging Kambing Yang Enak Resep Ala Jawa Timur - Windigo

Cara Membuat Gulai Daging Kambing Yang Enak Resep Ala Jawa Timur

Windigo - Hallo Sobat kuliner pada postingan kali ini saya akan memberikan resep gulai kambing yang enak ya bun, resep gule kambing asli jawa timur ini adalah resep gulai kambing terenyak loh bun yang pernah saya coba. Santan dan kuah gulainya sangat gurih dan tidak amis ketika kita makan bun, pokoknya sedappppp bangett bun. 

Gulai Kambing


Sebenarnya daging kambing ini dikasih oleh kakak ipar, tadinya saya bingung bun mau dimasak apa ini daging kambing, tiba-tiba bapakE sama anak anaku minta dimasakin gulai  aja, lagian kita sudah lama bangetz gak makan gulai katanya. Ya wis tukang masak mah apa atuh kita terserah sama yg makan aja😊


Oh iya bun, kebanyakan orang kalau masak daging kambing kambing tanpa dicuci dulu supaya tidak bau brengus katanya. kalau aku sih justru dicuci dulu hingga benar-benar bersih ya bund, trus aku kasih perasan jeruk nipis dan cuci lagi deh.


Kenapa aku selalu mencuci daging kambingnya? Karena kalau kita beli dagingnya dipasar atau ditukang sayur atau juga daging kurban misalnya, pastinya daging kambingnya kan ada kotoran yg menempel dan bekas hinggapan lalat juga ya bun..walaupun kita beli langsung, pasti akan tetap ada kotoran yg menempel di daging tersebut. So, jadi kalau ga dicuci menurut aku si gak baik tuk kesehatan. Tapi semuanya aq serahkan sama selera dan cara masing masing dalam mengolahnya ya bunda. 


Pas resep udah jadi, ini tadi kata suamiku dan anak-anaku rasanya enak banget bun, tidak bau brengus sama sekali😊. dari pada kuliner di luar mending kita buat sendiri bun. yuk cobain resep gule kambingnya bun. 


Gulai Kambing Khas Jawa Timur

Bahan-bahanya :

 ➤ (500 gr) iga kambing muda

 ➤ (500 gr) daging kambing muda

 ➤ 2 buah jeruk nipis

 ➤ 1,5 liter air bersih

➤ 5 cm kayu manis

 ➤1 liter santan dari 1 butir kelapa parut 

➤  5 lembar daun jeruk

 ➤ 2 batang sere di geprek

 ➤ 2 lbr daun salam

 Garam halus, Gula pasir, penyedap rasa jamur, secukupnya

- Minyak goreng untuk menumis secukupnya

- Pelengkap: Bawang goreng, sambal, jeruk nipis


Bumbu Halus Gulai Kambing :

➤ 1 siung bawang merah 

➤ 5 siung bawang putih

➤ 1 ruas lengkuas

➤ 1 ruas jahe

➤ 5 butir kemiri di sangrai dulu ya bun

➤2 ruas kunyit di sangrai

➤ 2 sdt ketumbar

➤ 1 sdt merica bubuk

➤ 5 butir cengkeh 

➤ 1 sdt jintan

➤ 3 butir kapulaga jawa tanpa kulit

➤ 1/2 buah pala


Cara membuat gulai daging kambing:

1. Cuci hingga bersih iga dan daging kambing yg sudah di potong-potong, beri air perasan jeruk nipis, diamkan sebentar lalu bilas dengan air

2. Rebus iga dan daging selama 5 menit ya bun, lalu angkat, buang airnya. Rebus kembali dengan 1,5 liter air bersih.

3. Tumis bumbu halusnya hingga matang, serai, daun jeruk, daun salam, kayu manis, hingga harum lalu masukkan ke dalam rebusan daging kambing

4. Beri garam, gula,  penyedap rasa jamur. Masak hingga daging kambing empuk. Jika belum empuk tambahkan kembali air kepermukaan seperti semula.

5. Masukkan santan kelapa,  masak hingga mendidih dan santan matang, koreksi rasanya. lalu Angkat. Beri taburan bawang goreng. Sajikan dengan pelengkapNya. emzzz Yumy...


resep gule kambing

Ok bun, gimana sudah di catat resepnya? Mudah Bukan? okey sobat kuliner sekian resep dari saya tentang Cara Membuat Gulai Daging Kambing Yang Enak Resep Ala Jawa Timur anti gagal ya bun. Silahkan sobat Windigo komentar dibawah ini Bila ada pertanyaan tentang resep ini , Semoga bermanfaat ya bun. Terimakasih

Get notifications from this blog