Windigo
Resep Ongol Ongol Pandan Lembut dan Kenyal

Resep Ongol Ongol Pandan Lembut dan Kenyal

resep ongol ongol pandan


Halo bunda? Pada postingan kali ini saya akan memberikan resep bagimana cara membuat ongol ongol pandan yang lembut dan kenyal serta anti gagal tentunya ya bun. Saya mendapatkan resep ini dari sahabat saya yang ada di bogor. Sahabat saya ini memang suka sekali sama ongol ongol bahkan, ongol ongol buatannya selalu menjadi makanan favorite ketika dibawa dalam berbagai acara seperti silahturami keluarga maupun arisan.

Ongol ongol pandan merupakan kue kesukaan keluarga, ongol ongol yang satu ini saya racik dengan resep yang simpel dan maknyus tentunya ya bun. Untuk membuatnya tidak begitu sulit qo, hanya saja anda harus teliti dalam pembuatan ongol ongolnya agar hasilnya juga cantik dan enak. Okey bu, langsung aja aku kasih resepnya untuk momy para pengunjung blog WINDIGO sebagai blog resep masakan enak Indonesia.


RESEP ONGOL ONGOL PANDAN

Bahan-bahan:

100 gr - tepung tapioka

150 ml - air putih

1/4 sdt -  pasta pandan

110 gr -  gula pasir

200 ml santan , dengan kekentalan sedang aja ya bun

Sejumput pandan

1 lembar daun pandan,  dan simpulkan


Bahan Baluran : 

1/4 bh -  kelapa parut setengah tua, kukus dahulu ya


Cara Membuat Ongol Ongol Pandan

1. Campur tepung tapioka dengan air putih, aduk sampai licin atau tidak ada yang bergerindil ya bun. Lalu tambahkan pasta pandan, aduk rata. dan Sisihkan....


2. Masak semua sisa bahannya hingga gula larut, kemudian tuangkan larutan tapioka sambil diaduk aduk.


3. Jika sudah mulai mengental kecilkan apiNya, tetap wajib diaduk terus hingga tekstur lengket dan transparan. Masak sebentar lagi ya bun, supaya lebih tanak, dan Angkat deh....


4. Selagi adonan hangat, bulat-bulatan dengan bantuan dua buah sendok atau dengan bantuan sumpit juga boleh, kemudian gulingkan atau dibalurkan diatas kelapa parut yang telah dikukus agar tidak basi, balur hingga rata, lakukan hingga habis ya dan sajikan..


Ok bun, gimana sudah di catat resepnya? Mudah Bukan? okey sobat kuliner sekian resep dari saya tentang Resep Ongol Ongol Pandan Lembut dan Kenyal, enak dan anti gagal tentunya ya bun. Silahkan sobat Windigo komentar dibawah ini Bila ada pertanyaan tentang resep ini , Semoga bermanfaat ya bun. Terimakasih 

Resep Ayam Geprek Enak Dengan Rasa Istimewa

Resep Ayam Geprek Enak Dengan Rasa Istimewa

 WINDIGO - Halo bunda apa kabar? Pada postingan kali ini aku akan memberikan resep istimewa yaitu ayam geprek super pedes yang dmana resep ini laris manis dilirik karena sebagai pemenang resep masakan terenak arisan ibu ibu kp sawah rawa bogo. πŸ˜†.. Sebenernya aq sendiri gak nyangka bisa memenagkan lomba masakan enak di kampung aq bund. 


Ayam Geprek



Ayam Geprek Istimewa ini aku dapatkan resepnya dari seorang sahabat aku yang aq kenal di sosial media bun, yang bernama mama ina. Kebetulan mama ina orang nya baik dan aq diberikan racikannya yang sudah sangat jago dalam meracik racikan ayam. Okey bu, langsung aja aku kasih resepnya untuk momy para pengunjung blog WINDIGO sebagai blog resep masakan enak Indonesia.


Resep Ayam Geprek Istimewa


Bahan-bahan: 

➤  500 gram ayam segar (6 potong)

100 gram Tepung terigu (aq pake segitiga biru) 

250 ml  Minyak Goreng

50 gram Tepung kanji

➤ Garam halus 1/2 sdt

➤  Kaldu ayam Secukupnya (aq pake royco)

➤ 1 siung Bawang putih kupas di haluskan

➤ Jahe 1/2 ruas jari lalu di haluskan

1 Butir Telur Ayam Negri

➤ Air Mineral (50ml/3sdm)


Bahan-bahan Sambel Ayam GeprekNya ;

➤ (50gr) Cabe merah keriting atau sebanyak 10 buah

➤ (20gr) Cabe rawit atau sebanyak 15 buah

➤ (20gr) Bawang merah atau sebanyak 4 siung

➤ (10gr) Bawang putih atau sebanyak 2 siung

➤ (2 buah) Jeruk purut atau sesuai selera

➤ (5gr) Kaldu ayam 

➤ (1/2 sdt) Garam halus

➤ (1 sdt) Gula pasir 


Cara Membuat Ayam Geprek:


1. Lumuri ayamnya dengan garam,jahe,dan bawang putih yang sudah di haluskan lalu diamkan selama 5 menit biar meresap bumbu ke dalam ayamnya. 


2. Campurkan tepung terigu,tepung kanji,kaldu ayam menjadi satu lalu aduk rata semuanya ya bun. 


3. Aduk telor ayam yang sudah disiapkan tadi di mangkok lalu tambahkan air sebanyak  50 ml atau 3sdm.


4. Panaskan minyak goreng. 


5. Masukan ayam yang sudah disiapkan tadi ke dalam telur, lalu lumuri hingga rata ke ayamnya dan masukkan ke tepung lumuri lagi hingga rata (lakukan sebanyak 2x ya bun)


6. Masukkan ke dalam minyak panas ayamnya yang sudah dilumuri, lalu goreng ayamnya selama 20 menit menggunakan api sedang ya bun, hingga kuning kecoklatan. Jangan ditinggal bun, nani Ocong...😎


7. Ulek Ulek kasar bumbu sambelnya seperti cabe merah,cabe rawit,garam,gula,bawang merah,bawang putih,kaldu ayam lalu berikan asam jeruk sesuai selera ya bun.


8. Selesai deh, Silahkan Geprek ayam sebelum di lumuri dengan sambel ya bun. emzzzz enyakkkkπŸ’•πŸ˜ 


Ayam Geprek



Ok bun, gimana sudah di catat resepnya? Mudah Bukan? okey sobat kuliner sekian resep dari saya tentang Resep Ayam Geprek Enak dan Rasa Istimewayang enak dan anti gagal tentunya ya bun. Silahkan sobat Windigo komentar dibawah ini Bila ada pertanyaan tentang resep ini , Semoga bermanfaat ya bun. Terimakasih 

Resep Tradisional Bubur Sumsum Pandan Dengan Saos Kurma

Resep Tradisional Bubur Sumsum Pandan Dengan Saos Kurma

WINDIGO - Hallo sobat windigo, pada postingan kali ini saya akan memberikan sebuah resep tradisional bubur sumsum pandan dengan campuran saus kinca kurma yang saya dapatkan dari sahabat saya bernama momy najam. Resep bubur sumsum ini sangat enak sekali loh moms, karena resep ini dipakai buat jualan sahabat saya dan jualannya itu ramai banget setiap harinya. 😍.  


bubur sumsum pandan kurma


Ke inget resep masakan bubur sumsum pandan dari sahabat saya jadi saya memutuskan buat jadwal untuk mengolah resep ini.  Kepasar pagi pagi buat membeli kebutuhan bahannya. Resep ini cara buatnya simpel banget bun tentunya dengan rasa yang luar biasa. Karena jarang-jarang resep orang jualan dikasih ke konsumen kan? jadinya saya alhamdulilah aja dan akhirnya Resep Tradisional Bubur Sumsum Pandan Dengan Saos Kurma ini saya tulis juga di blog ini untuk berbagi sesama. πŸ’•


Resep Bubur Sumsum Pandan Dengan Saos Kinca

Bahan - Bahan :

➤ 50 gr tepung beras, (Saya pakai rosebrand)

➤ 50 ml santan kelapa, (Boleh pake instan juga)

➤ 50 ml sari daun pandan (blender, saring, ambil airnya)

➤ 400 ml air mineral

➤ Sejumput garam halus


Saus Kinca Kurma untuk kuahnya :

➤ 75 gr gula aren / gula merah juga boleh

➤ 150 ml air, aku pakai santan cair aja

➤ 7 buah kurma, aku pakai kurma : sukkari (masing-masing potong jd 4)

➤ 1 lembar Daun pandan, di cuci dulu ya bun

➤ sejumput garam halus.


Cara Membuat Bubur Sumsum Pandan

1. Bubur sumsum pandan : campur santannya, Sari pandan yang sudah dibuat dan tambahkan air mineral. aduk hingga rata. sisihkan sebanyak 160 ml. lalu masukkan 340 ml santan kelapa ke dalam panci dan tambahkan sejumput garam halus. panaskan hingga mendidih.


2. Campur 160 ml santan kelapa dengan 50 gram tepung beras ya bun. aduk aduk hingga rata. tuangkan dalam cairan santan yang sudah mendidih. masak hingga matang dan jangan ditinggal, ciri  adonan matang ialah meletup2 dan bening. (tdk ada aroma tepung). tips supaya bubur tidak bergerindil : gunakan api kecil saja ya bun, dan terus aduk hingga rata dan kental buburnya. gunakan ballon wisk atau spatula kayu). kalau udah matang sisihkan. 


3. Sekarang kita buat Saus kinca kurma Nya ya bun : campurkan semua bahan saos jadi satu (kecuali kurma), masak hingga mendidih, gunakan api kecil aja ya bun,,😊 kemudian tambahkan kurma yang sudah dipotong-potong tadi. masak hingga sedikit mengental lalu angkat dan sajikan dengan bubur sumsum yang sudah matang. emzzzz pasti enyakk bunπŸ’“πŸ˜

bubur sumsum pandan


Ok bun, gimana sudah di catat resepnya? Mudah Bukan? okey sobat kuliner sekian resep dari saya tentang Resep Tradisional Bubur Sumsum Pandan Dengan Saos Kurma yang enak dan anti gagal tentunya ya bun. Silahkan sobat Windigo komentar dibawah ini Bila ada pertanyaan tentang resep ini , Semoga bermanfaat ya bun. Terimakasih

Resep Es Cappucino Cincau Simpel dan Seger

Resep Es Cappucino Cincau Simpel dan Seger

WINDIGO - Hallo Bunda, Pada postingan kali ini saya akan memberikan resep bagimana caranya membuat es CAPCIN atau cappucino cincau yang simpel, mudah dan tentunya tetap seger ya bun ketika diminum. Es Cappucino ini cocok banget sebagai menu minuman seger dikala terik matahari siang bun. Oiya, buat kamu yang memiliki asam lambung sebaiknya saran saya resep ini di SKIP aja ya bun. Karena sama sama kita ketahui kopi tidak baik untuk orang yang punya penyakit asem lambung. Jadi kalau bunda pecinta kopi, Wajib coba resep ini. πŸ’•


es cappucino cincau



Berawal dari haus melanda ketika habis gosok baju yang banyak banget dirumah, rasanya tenggorokan kering banget waktu itu bun,, Akhirnya cek di dapur. buka etalase dapur eng iii engg ada beberapa sachet minuman cappucino dan nutrijel. Akhirnya tanpa pikir panjang lebar langsung aja deh kita olah bahan ini menjadi minuman yang segerrrr bangetttttt...πŸ˜…πŸ˜‚πŸΈ


CAPPUCINO CINCAU SIMPEL DAN SEGER

Bahan-bahan : 

➤ 2 bungkus Cappucino merek apa aja bebas

➤ Susu UHT/Susu Instan merek apa aja bebas

➤ Cincau / Kalau saya pakai Nutrijel Cincau (praktis)

➤ Es Batu Secukupnya ya bun


Cara Membuatnya

1. Masak dulu Nuntrijel nya ya bun, disini boleh pakai gula boleh tidak (Sesuai Selera)

2. Jika sudah matang Nutrijelnya diam kan hingga dingin terlebih dahulu

3. Silahkan Seduh Cappucino dengan air hangat terlebih dahulu lalu siapkan 2 gelas, tambahkan cincau, es batu. masukan cappucino dan Susu UHT.

4. 1 SDM Gula Pasir Boleh di tambahkan bila kurang manis ya bun (Sesuai Selera)


Capcin



Ok bun, gimana sudah di catat resepnya? Mudah Bukan? okey sobat kuliner sekian resep dari saya tentang Resep Es Cappucino Cincau Simpel dan Seger anti gagal ya bun. Silahkan sobat Windigo komentar dibawah ini Bila ada pertanyaan tentang resep ini , Semoga bermanfaat ya bun. Terimakasih

Resep Sayuran Brokoli Cah Sapi Yang Enak Dan Sedap

Resep Sayuran Brokoli Cah Sapi Yang Enak Dan Sedap

 WINDIGO - Hallo sahabat kulinar Windigo, Pada postingan kali ini saya akan memberikan resep cara membuat sayur Brokoli Cah Sapi yang enak dan sedap bun. Resep sayuran ini sudah melalui uji teknis dan percobaan ya bun, sehingga resepnya dipastikan enak banget loh bun. Untuk itu bagi sobat windi yang menyukai dan ingin membuat menu resep sayuran brokoli cah sapi bisa melihat resep lengkapnya melaui postingan Windi dibawah ini. 


Brokoli Cah Sapi



Jadi gini, Jakarta hujan terus Windi bingung mau masak apa, Mau pesen lewat aplikasi online tapi hujan pastinya kang ojek nanti keujanan kan kasian ya bun. Yaudah akhirnya Windi cek di kulkas.. Ternyata ada sayuran brokoli dan daging sapi. Taraaaa.. Ide Windi langsung deh konek langsung cobain dibuat cah sapi aja enak ni hujan hujan plus dimakan hangat-hangat...πŸ˜πŸ˜„


Sebelum memasak sayuran Brokoli nya dicuci hingga bersih dulu ya bun, Kalau aku sayurannya aq rendem dulu di air hangat bun,, biar siapa tau didalam sayuran brokoli masih ada ulet ulet sayurannya yang tersisa bisa keluar. Sehabis direndem air anget sekitar 10 menitan baru deh aq cuci lagi. πŸ˜ƒπŸ˜.. nah berikut sebelum memasak sayuran brokoli Windi bagikan tips dulu bun cara mencuci sayuran brokoli biar super bersih. 





TIPS CARA MENCUCI SAYURAN BROKOLI 

 1. Potong brokoli berdasarkan cabang-cabangnya ya bun.

 2. Periksa dengan teliti cabang-cabang brokoli agar tidak ada kotoran/hama yg menyangkut

 3. Siapkan air garam di dalam wadah (Berguna untuk mengusir hama sayuran ya bun)

 4. Rendam brokoli di dalam larutan garam (10 menitan aja)

 5. Pisahkan sayuran brokoli dari air yang kotor

 6. Setelah selesai lalu bersihkan dengan air ya bun


Ok bun, kalau sudah dicuci dengan bersih yuk kita lihat resep masakan sayuran Brokoli cah sapi yang enak ini. 


RESEP BROKOLI CAH SAPI

Bahan - Bahannya: 

➤ (100gr) daging sapi has dalam, iris tipis ya bun

➤ 1 bonggol brokoli segar, petik kuntum. Rebus sebentar ya bun.

➤ 2 siung bawang putih cincang

➤ 1/2 bawang bombay potong kotak Aja ya bun

➤ 1 sdm kecap asin (aku pake ABC)

➤ 1 sdm kecap ikan (Cap Ikan)

➤ 1 sdm.Saus tiram (aku pake Saori)

➤ 1 sdm kecap manis (aku pake bangau)

➤ 1sdm tepung maizena

➤ Garam halus, merica bubuk


Cara Membuatnya

1. Bumbui daging sapi dengan kecap asin. Biarkan 15 mnt. Lalu Goreng daging dgn sedikit minyak sampai matang, sisihkan dipinggir wajan sampai minyak tiris. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai baunya harum ya bun.

 

2. Masukan Daging Sapi, Berikan kecap asin, kecap manis,  saus tiram, garam halus, merica bubuk. Aduk rata. Tuangkan air sampai menutup tumisan.


3. Masukan sayuran brokoli, aduk rata. Kentalkan dengan larutan tepung maizena. Masak sampai meletup. Cicip icip bila kurang rasa tambahkan bahan sesuai selera.


4. Hidangkan



Brokoli Cah Sapi



Ok bun, gimana sudah di catat resepnya? Mudah Bukan? okey sobat kuliner sekian resep dari saya tentang Resep Sayuran Brokoli Cah Sapi Yang Enak Dan Sedap anti gagal ya bun. Silahkan sobat Windigo komentar dibawah ini Bila ada pertanyaan tentang resep ini , Semoga bermanfaat ya bun. Terimakasih

Cara Membuat Gulai Daging Kambing Yang Enak Resep Ala Jawa Timur

Cara Membuat Gulai Daging Kambing Yang Enak Resep Ala Jawa Timur

Windigo - Hallo Sobat kuliner pada postingan kali ini saya akan memberikan resep gulai kambing yang enak ya bun, resep gule kambing asli jawa timur ini adalah resep gulai kambing terenyak loh bun yang pernah saya coba. Santan dan kuah gulainya sangat gurih dan tidak amis ketika kita makan bun, pokoknya sedappppp bangett bun. 

Gulai Kambing


Sebenarnya daging kambing ini dikasih oleh kakak ipar, tadinya saya bingung bun mau dimasak apa ini daging kambing, tiba-tiba bapakE sama anak anaku minta dimasakin gulai  aja, lagian kita sudah lama bangetz gak makan gulai katanya. Ya wis tukang masak mah apa atuh kita terserah sama yg makan aja😊


Oh iya bun, kebanyakan orang kalau masak daging kambing kambing tanpa dicuci dulu supaya tidak bau brengus katanya. kalau aku sih justru dicuci dulu hingga benar-benar bersih ya bund, trus aku kasih perasan jeruk nipis dan cuci lagi deh.


Kenapa aku selalu mencuci daging kambingnya? Karena kalau kita beli dagingnya dipasar atau ditukang sayur atau juga daging kurban misalnya, pastinya daging kambingnya kan ada kotoran yg menempel dan bekas hinggapan lalat juga ya bun..walaupun kita beli langsung, pasti akan tetap ada kotoran yg menempel di daging tersebut. So, jadi kalau ga dicuci menurut aku si gak baik tuk kesehatan. Tapi semuanya aq serahkan sama selera dan cara masing masing dalam mengolahnya ya bunda. 


Pas resep udah jadi, ini tadi kata suamiku dan anak-anaku rasanya enak banget bun, tidak bau brengus sama sekali😊. dari pada kuliner di luar mending kita buat sendiri bun. yuk cobain resep gule kambingnya bun. 


Gulai Kambing Khas Jawa Timur

Bahan-bahanya :

 ➤ (500 gr) iga kambing muda

 ➤ (500 gr) daging kambing muda

 ➤ 2 buah jeruk nipis

 ➤ 1,5 liter air bersih

➤ 5 cm kayu manis

 ➤1 liter santan dari 1 butir kelapa parut 

➤  5 lembar daun jeruk

 ➤ 2 batang sere di geprek

 ➤ 2 lbr daun salam

 Garam halus, Gula pasir, penyedap rasa jamur, secukupnya

- Minyak goreng untuk menumis secukupnya

- Pelengkap: Bawang goreng, sambal, jeruk nipis


Bumbu Halus Gulai Kambing :

➤ 1 siung bawang merah 

➤ 5 siung bawang putih

➤ 1 ruas lengkuas

➤ 1 ruas jahe

➤ 5 butir kemiri di sangrai dulu ya bun

➤2 ruas kunyit di sangrai

➤ 2 sdt ketumbar

➤ 1 sdt merica bubuk

➤ 5 butir cengkeh 

➤ 1 sdt jintan

➤ 3 butir kapulaga jawa tanpa kulit

➤ 1/2 buah pala


Cara membuat gulai daging kambing:

1. Cuci hingga bersih iga dan daging kambing yg sudah di potong-potong, beri air perasan jeruk nipis, diamkan sebentar lalu bilas dengan air

2. Rebus iga dan daging selama 5 menit ya bun, lalu angkat, buang airnya. Rebus kembali dengan 1,5 liter air bersih.

3. Tumis bumbu halusnya hingga matang, serai, daun jeruk, daun salam, kayu manis, hingga harum lalu masukkan ke dalam rebusan daging kambing

4. Beri garam, gula,  penyedap rasa jamur. Masak hingga daging kambing empuk. Jika belum empuk tambahkan kembali air kepermukaan seperti semula.

5. Masukkan santan kelapa,  masak hingga mendidih dan santan matang, koreksi rasanya. lalu Angkat. Beri taburan bawang goreng. Sajikan dengan pelengkapNya. emzzz Yumy...


resep gule kambing

Ok bun, gimana sudah di catat resepnya? Mudah Bukan? okey sobat kuliner sekian resep dari saya tentang Cara Membuat Gulai Daging Kambing Yang Enak Resep Ala Jawa Timur anti gagal ya bun. Silahkan sobat Windigo komentar dibawah ini Bila ada pertanyaan tentang resep ini , Semoga bermanfaat ya bun. Terimakasih